Sabtu, 31 Agustus 2013

Belajar Hazop Training

hazop training
Belajar hazop training sangat bermanfaat bagi diri dan lingkungan sekitar, baik dilingkungan tinggal dan lingkungan kerja. Hazop training profesional merupakan suatu standar teknik identifikasi dan analisis bahaya yang digunakan untuk meninjau suatu proses atau operasi pada sebuah sistem yang bekerja secara sistematis. Selain itu hazop juga mampu digunakan untuk menentukan apakah penyimpangan pada suatu proses dapat mendorong ke arah kejadian atau kecelakaan yang tidak diinginkan.

Hazop juga digunakan untuk teknik analisis bahaya dalam persiapan penetapan keamanan dalam sistem baru atau modifikasi untuk suatu keberadaan potensi bahaya atau masalah operabilitasnya. 



Dalam studi hazop training harus dilakukan pengujian yang teliti oleh group spesialis, karena pada bagian sebuah sistem mengenai apakah yang akan terjadi jika komponen tersebut dioperasikan melebihi dari normal model desain komponen yang telah ada. 

Sebuah perusahaan berkewajiban untuk menjaga keselamatan dan kesehatan seluruh pekerjanya. Terciptanya kondisi yang aman dari kemungkinan kecelakaan akan memperlancar kinerja perusahaan serta menjaga produktivitas kerja. Banyak hal yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja terjadi, tetapi kecelakaan itu bisa dihindari atau dicegah terlebih dahulu dengan melakukan identifikasi terhadap peralatan, manusia, tempat kerja termasuk lingkungan sekitar. Dalam penelitian ini digunakan metode belajar Hazop training  yang berfokus pada proses produksi. Dengan metode ini, dapat diidentifikasi adanya hazard mulai dari proses awal sampai dengan proses akhir, dengan melihat segala penyimpangan yang terjadi, seperti misalnya bahaya yang dilihat dari proses mixing, pemanasan, filtering, sampai dengan packaging, sehingga dapat diperoleh rekomendasi yang dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja.

 Tujuan dan sasaran dari Hazop traning


  1. Menjelaskan pendekatan HAZOPS sebagai bagian dari Hazard  Identifacation  Technique  (HET);
  2. Menyebutkan tahapan-tahapan yang dilakukan dalam pelaksanaan teknik HAZOPS;
  3. Menjebutkan manfaat dari penerapan HAZOPS untuk manajemen risiko dalam pengendalian kerugian;
  4. Setelah selesai kursus Peserta akan mampu melaksanakan HAZOPS di plant site, sesuai dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan.

Durasi belajar hazop training adalah 3 hari kerja @ 8 jam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar